Ad Code

Responsive Advertisement

FUNGSI KOMPONEN PADA MOTHERBOARD KOMPUTER

Komputer_Motherboard atau sering juga disebut papan Induk adalah  bagian perangkat keras komputer yang sangat paling utama  menghubungkan antara perangkat keras motherboard yang satu dengan yang lain. Perangkat keras pada papan motheboard seperti Bios ( Basic Input Output System ), Chipset ( Pengatur Koneksi Input-Output ), Socket Memory ( RAM ), Socket Kartu Grafis ( VGA Card ), Socket Processor, dan  Socket Kartu Tambahan ( Additional  Card seperti  PCI dan ISA ).
          

                KOMPONEN-KOMPONEN PADA MOTHERBOARD DAN FUNGSINYA

  • Socket Processor / CPU Socket
Socket processor berfungsi untuk tempat dimana processor terpasang pada Motherboard. Dudukan ini berbentuk segiempat dengan lubang-lubang kecil tempat tertancapnya kaki-kaki ( pin-pin ) processor yang tersusun berbentuk matriks 2 dimensi. susunan letak dan jarak antar lubang sama persis dengan susunan, letak, dan jarak antar pin-pin pada processor.



Socket processor atau socket CPU telah digunakan secara luas dalam dunia komputer, untuk menghubungkan  motherboard dengan processor. khususnya untuk komputer dekstop dan server. processor yang di maksut disini terutama processor berarsitektur Intel x86.

Banyak sekali yang memproduksi socket-socket motherboard yang menggunakan arsitektur PGA (Pin Grid Array). pada socket tersebut banyak lubang-lubang tempat tertancapnya pin-pin  processor yang terletak dibawah permukaan processor. Seperti beberapa contoh di bawah ini  jenis-jenis socket yang menggunakan arsitektur :

1. Socket 5 yang memiliki 296 pin CPGA ( Ceramic Pin Grid Array ) :  Socket ini digunakan untuk processor AMD K5 SSA5.

2. Socket A yang memiliki 462 pin CPGA : Socket ini biasanya digunakan pada processor AMD K7 Thunder Bird ( Athlon  Thunder Bird ). sebenarnya processor sendiri memiliki 462 pin, 9 pin diantaranya tertutup. sehingga secara nyata hanya memiliki 453 pin. inilah kekhususan dan tipe socket A ( 462 pin CPGA ).

3. Socket A ( EV6 ) yang memiliki 462 pin OPGA ( Organic  Pin Grid  Array ) : Contoh processor   AMD yang menggunakan socket  ini adalah Athlon XP.

Dudukan tempat processor pada motherboard tidak selalu berbentuk socket. ada juga yang berbentuk slot. atau bisa dikatakan dudukan berbasis slot. processornya sendiri menggunakan dudukan berbentuk slot, yang disebut  Edge Connection. contoh processor AMD yang menggunakan dudukan berarsitektur slot ini adalah processor AMD K7 ( Athlon Argon, Orion, dan Thunderbird ).
  • Slot Memory



    Slot Memory adalah Celah atau tempat untuk menyisipkan  perangkat tambahan pada motheboard seperti RAM ( Random Access Memory ), atau sejenisnya.

    Ada beberapa slot yang biasanya tersedia pada motheboard, antara lain :

    1. Slot AGP  dan PCI Express X16.
         
    a. Slot AGP ( Accelerated Graphic Port ) adalah Sebuah bus yang di khususkan sebagai bus pendukung kartu grafis  yang berkinerja tinggi. yang menggantika bus ISA, bus VESA atau bus  PCI yang dahulu digunakan. transfer data pada slot AGP lebih cepat dibandingkan transfer data pada slot PCI. pada motheboard slot AGP biasanya terdapat hanya satu buah.


    Fungsi slot AGP adalah untuk menyalurkan data dari kartu grafis ke CPU tanpa harus memori utama. maka dari itu proses pengolahan data grafis dapat di percepat. keunggulan lain dari AGP ini adalah  kemampuannya dapat  mengeksekusi Texture Maps secara langsung dari memori utama.

    AGP memiliki dua macam jenis versi AGP 4X dan 8X, terakhir dari jenis slot AGP adalah AGP 3.0 yang umumnya disebut sebagai  AGP 8X. AGP ini terpisah dari PCI  dan bekerja atau beroprasi independen. AGP umumnya berjalan pada bus 66 MHZ, yaitu dua kali lebih cepat dibandingkan PCI yang berjalan pada bus 33 MHZ.

    b. Slot PCI Express X16 adalah Slot untuk VGA Card, yang ada di motherboard. mulai digunakan secara luas saat motherboard  dengan processor LGA 775 ( P4 dan Seleron ). dan sampai saat ini slot VGA  masih digunakan.


    2. Slot PCI dan Slot Express X1

    a. Slot PCI adalah Slot yang bisa dibilang multi fungsi, karena sangat banyak peripheral komputer yang menggunakan slot PCI. dari mulai VGA, Ethernet Card, LAN Card, Sound Card, USB Card, dan Sata Card.


    b. Slot PCI Express X1 adalah Sama seperti slot PCI kegunaannya sangat banyak. akan tetapi belum banyak yang menggunakan slot ini.

    3. Slot IDE dan Slot SATA



    Slot IDE dan Slot SATA yang memiliki bentuk fisik yang berbeda, tetapi kedua slot ini memiliki fungsi yang sama. yaitu untuk menghubungkan perangkat penyimpanan seperti Hard Disk, dan CD_ROM ke bus sistem komputer. SATA adalah singkatan dari Serial Advanced Technology. sedangkan IDE disebut Parallel ATA atau PATA.

    SATA merupakan setandar baru dan Drive SATA juga lebih cepat dari Drive IDE. selama bertahun-tahun IDE merupakan Interface yang paling umum digunakan. tetapi pada awal tahun 2007 , SATA menggantikan IDE disemua sistem dan menjadi standar baru.

    Interface ATA, ATA singkatan dari AT ( Attachment ) dimana AT mengacu pada PC/AT IBM  dimana awalnya dibuat. berevolusi secara bertahap dari Interface Drive Electronics ( IDE ) asli yang di miliki Western Digital. setelah pengenalan serial ATA pada tahun 2003, ATA yang asli kemudian berganti nama menjadi ATA paralel.

    Ciri fisik slot IDE agak panjang, menyesuaikan kondisi fisik kabel data IDE. sedangkan slot SATA, bentuk fisiknya lebih kecil. seperti contoh gambar di atas.

    •  Chipset Bios dan Battery Cmos
    A. Chipset Bios


    Bios ( Basic Input Output System ) adalah Suatu program yang disimpan didalam  IC yang tertanam pada motherboard, berisikan tentang  kumpulan berbagai informasi tentang  perangkat  keras yang terhubung pada komputer dan merupakan software yang berisikan tentang perintah- perintah dasar.

    Fungsi Chipset BIOS, untuk memberikan Intruksi yang dikenal dengan istilah Power On Selft Test ( POST ) yaitu perintah untuk menginisialisasi Identifikasi perangkat sistem seperti CPU, RAM, VGA Card, Keyboard, Mouse, Hardisk Drive, Optical ( CD/DVD ) Drive dan  Hardware lainnya pada saat komputer mulai Booting. 

    Ada beberapa contoh Bios, antara lain :

    1. Award software, yang meluncurkan Award Bios, Award Modular Bios, dan Award Mendallion Bios.
    2. Phoeniex Technologies, yang meluncurkan Phoeniex-Award Bios.
    3. American Megatrends Incorporated ( AMI ), yang meluncurkan  AMI Bios dan AMI WinBios.
    4. Microid Research para OEM ( Original Equeipment Manufacturer ), untuk komputer yang bermerek, seperti Hewlett-Packard/Compaq, IBM/Lenovo, DELL Computer, dan OEM-Oem  lainnya.

    B. Battery Cmos



    Battery Cmos menempel pada motherboard komputer. Battery ini memiliki fungsi mengatur tanggal dan menjaga pengaturan yang telah disetting oleh user atau pengguna komputer agar tidak berubah meskipun komputer telah dimatikan. 

    Hal ini juga berlaku pada semua laptop, notebook yang juga memiliki battery cmos didalamnya. Namun apabila pada komputer, battery cmos lebih besar dan mudah diganti apabila  sudah habis masa pakainya.

    • Power Connector



       

      Fungsi Power Connector adalah untuk menyambungkan motherboard dengan power supply. agar motherboard bisa mendapatkan Daya/Tegangan listrik. Biasanya berjumlah 20-24 pin.
      • I/O ( Input Output ) Port





        Bagian ini biasanya kita gunakan pada luar casing computer. Merupakan kumpulan  port sebagai Input atau Output data komputer, terdiri dari USB Port, LAN Port,VGA Port, Serial  Port, dan PS2 Keyboard dan Mouse Port.

        • Pin Kabel Front Panel




          Bentuk dari pin kabel front panel ini seperti jarum, digunakan untuk memasang tombol power, restart, led power dan led hardisk. Untuk memasang kabel-kabel yang sangat kecil ini, kita  biasanya dibantu dengan bacaan yang ada di sekitar pin front panel  disetiap motherboard.

          Itulah beberapa komponen motherboard yang perlu diketahui, semoga menambah pengetahuan didunia komputer bagi sobat semua. Semoga bermanfaat..
          Salam Blogger..